Sponsor

Minggu, 09 Oktober 2016

Tentang Internet

Jika kalian masih bingung dengan apa yang di maksud dengan internet maka simak baik baik penjelasan di bawah ini.Seperti kita ketahui internet telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari hari.Bisakah and bayangkan jika kehidupan kita anpa Internet.maka akan terasa sangat membosankan.Kenapa karena kita sudah terlanjur lahir dan hidup di era interconnection-networking atau lebih kita kenal dengan istilah INTERNET.
 

Apa yang di maksud dengan Internet ?

Berikut adalah penjelasan pengertian dari Internet yang saya kutip dari laman wikipedia.Pahami dengan benar.Jika anda menginginkan pengertian internet menurut para ahli maka saya belum menemukan referensinya jadi untuk sementara kalian pakai dulu pengertian internet menrut wiki.

Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket packet switching communication protocol untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking atau antarjaringan.

Sejarah internet secara singkat






Jika kalian mengira bahwa internet di ciptakan oleh perusahaan bisnis maka kalian salah besar.Ternyata internet di ciptakan oleh departemen pertahanan amerika.Yang Artinya pada awal pembuatannya internet di ciptakan untuk kepentingan keamanan Amerika dan memudahkan mereka dalam berkoordinasi dan berbagi informasi tanpa mengenal jarak.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET  yaitu Advanced Research Project Agency Network.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.. Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Akses Internet di Indonesia

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi.

Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

Negara dengan akses Internet terbaik adalah  Korea Selatan dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai 140 juta jiwa baik melalui Smartphone maupun PC dan Tablet.

Sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe dan  hotspot . Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan perkantoran.

Gunakanlah internet dengan bijak.Di internet banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan mulai dari ilmu pengetahuan,Hiburan bahkan juga bisnis yang menjanjikan.Setiap kemajuan dari teknologi pasti mempunyai dua sisi yang berlawanan.Seperti halnya dengan Internet.Internet mempunyai kelebihan dan juga kekurangan.

Kalian tinggal pilih mau maju bersama internet atau mau tenggelam dengan keburukan yang di timbulkannya

Sumber Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar